Tips Jitu Memilih Kamera Smartphone Berkualitas

Tips Jitu Memilih Kamera Smartphone Berkualitas - Memperhatikan kualitas dan spesifikasi ponsel menjadi salah satu hal wajib yang dilakukan konsumen. Dengan mendapatkan fitur yang mumpuni atau minimal mencukupi kebutuhan pengguna akan menambahkan kepuasan pengguna.

Banyak pengguna yang mengasumsikan jika memiliki kamera dengan pixel yang besar (di atas 5 MP) maka akan mendapatkan kualitas gambar yang mumpuni.Padahal hal itu hanya salah satu faktor dari banyaknya faktor yang mempengaruhi kualitas kamera.

Memilih kamera smartphone tidaklah terlalu sulit jika kita mengerti hal apa saja yang harus diperhatikan. Sebagai konsumen pastilah kita ingin mendapatkan smartphone yang sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih kamera ponsel. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih smartphone.

1. Resolusi Gambar

Resolusi gambar mempengaruhi detail dari gambar yang dihasilkan. Semakin besar pikselnya maka akan semakin banyak titik/detail dari setiap gambar. Saat ini kamera dengan resolusi 8 MP sudah termasuk tinggi dan untuk kamera beresolusi 5 MP adalah kamera kelas menengah. Kamera VGA sudah mulai ditinggalkan untuk kamera primer/belakang, tetapi beberapa ponsel masih menggunakan kamera VGA untuk kamera sekunder.

2. Sensor Kamera

Hal ini sering dilupakan saat memilih kamera. Sensor merupakan rangkaian yang peka terhadap cahaya. Tugas sensor kamera adalah untuk mengubah cahaya menjadi tegangan listrik. Sensor keluaran Sony pada tahun 2014 menguasai pasar smartphone karena 40% kamera smartphone menggunakan sensor Sony. Semakin besar sensor pada kamera maka semakin baik pula kualitas kamera. Biasanya kamera ponsel menggunakan sensor 1/3" - 1/3.2". Untuk kelas diatasnya terdapat sensor 1/2.3" - 1/2.6.

3. Autofocus

Hampir semua ponsel keluaran terbaru memiliki fitur autofocus. Autofocus adalah fitur wajib yang dimiliki suatu kamera. Jika kamera smartphone tidak memiliki autofocus maka hasil gambar akan blur atau tidak tajam. Smartphone juga tidak dapat dipasang lensa tambahan karena lensa tersebut membutuhkan autofocus untuk menghasilkan gambar yang terbaik. Beberapa ponsel terbaru memiliki fitur dimana kita dapat memfokuskan objek sesuai yang diinginkan layaknya kamera DSLR.

4. Flash Light (Lampu Kilat)

Flash dibutuhkan untuk pengambilan gambar di tempat gelap. Flash light menjadi hal wajib yang diperhatikan sebelum memilih smartphone. Jika kita tidak menggunakan flash dalam kondisi gelap maka akan terdapat banyak noise pada gambar. Walaupun sekarang sudah ada flash eksternal yang dipasang pada RJ-45 tetapi flash yang menempel di ponsel masih diperlukan untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang tambahan.

5. Manual Exposure Control

Sebagian kamera hanya dapat menggunakan mode auto saat digunakan untuk memotret. Hal ini menghambat pengguna untuk lebih berkreasi dalam penggunaan ISO, aperture, shutter speed secara manual. Padahal jika kita dapat mengubah secara manual hal tersebut sangat menyenangkan dan kita akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Hal-hal diatas adalah hal paling utama yang perlu diperhatikan sebelum memilih kamera smartphone. Masih banyak hal yang dapat anda pertimbangkan sebelum memilih smartphone seperti scene auto, aplikasi editing bawaan, integrasi sosial media, dan yang lainnya. Memilih kamera smartphone juga bergantung dengan kebutuhan Anda, jangan sampai kita memilih kamera yang sangat berkualitas tetapi kita tidak dapat mengoperasikannya.
Newest
Previous
Next Post »